• 29

    Apr

    Hikmah Dari Pengamen

    Baru kali pertama aku menaiki bus kota yang jaraknya antara tanah abang sampai tugu tani, menemui tiga pengamen. Biasa aku menemui tak lebih dari dua pengamen. Hari ini belajar tidak harus membaca buku, mendengarkan dosen menerangkan materinya, dan berdiskusi, kali ini aku belajar dari pengamen itu. Bus berangkat, satu pengamen masuk. Tadinya aku cuek aja, tapi ku dengar liriknya merinding bulu kudukku. Entah mengapa, tapi ini lah realita yang terjadi disebagian masyarakat kita. Sekilas cuplikan liriknya : Gema subuh, aku masih terlelap tidur. Gema dzuhur, aku lagi sibuk kerja. Gema ashar, aku masih sibuk kerja. Gema magrib, aku masih di jalan. Gema isya, aku kecapean. Pantas kah aku menerima surga mu ya Tuhan. Subhanallah, sungguh lagu tadi membuat aku merenung sekaligus mengkritik di
  • 24

    Apr

    Wahai Perempuan Agung

    Wahai Perempuan Agung kau berjalan menapaki bumi dengan penuh santun anggun langkah mu cantik parasmu dalam balutan jilbab yang teruntai menutupi lekuk-lekuk tubuhmu Wahai Perempuan Agung kau masih mempertahankan hijab mu ditengah perempuan masa kini yang kian mempertontonkan auratnya ketika pertanyaan menghampirimu “mengapa mau berpakaian tertutup?” “tidak kah kau merasa panas dan berkeringat?” kau hanya berbisik : “lebih baik aku kepanasan di dunia yang hanya sebentar, ketimbang kepanasan di neraka yang kekal didalamnya” Wahai Perempuan Agung terkadang aku iri padamu kecerdasan yang kau miliki melampaui perempuan pintar yang pernah ku kenal bahkan tak jarang kau mengalahi kaum adam gagasan mu sungguh menakjubkan kau mampu mewakili suar
  • 20

    Apr

    Feminisme Islam Menjawab

    Feminisme berasal dari kata latin femina, berarti memiliki sifat keperempuanan. Feminisme muncul pada tahun 1960-an, atau ada petunjuk lain bahwa feminisme telah muncul dua hingga tiga abad sebelumnya, adalah paham yang menuntut hak sepenuhnya kaum perempuan atas ketimpangan posisi dibanding laki-laki, lambat laun sering disebut sebagai gerakan feminisme, yang sebenarnya sudah merupakan bentuk aktualisasi upaya pembebasan diri kaum perempuan dari berbagai ketimpangan perlakuan dalam segala aspek kehidupan. Gerakan feminisme mempunyai asumsi bahwa adanya ketimpangan ideologi patriaki, mereka beranggapan tentang ideologi patriarki adalah negatif, dimana ideologi ini telah menempatkan perempuan pada posisi subordinat, yaitu dibawah posisi laki-laki. Penolakan para feminisme pada sistem patri
  • 17

    Apr

    Jodoh Pasti Datang

    Kartika, panggil aku dengan nama itu. Aku gadis dengan usia 29 tahun, usia dimana sebagian masyarakat menganggap rentan, karena sampai saat ini aku masih melajang. Namun, aku tak pernah memperdulikan anggapan mereka itu, karena aku adalah perempuan yang mempunyai tujuan, cita-cita, angan-angan, harapan yang sampai saat ini masih ingin ku gapai, dan satu keyakinan dalam hidup ku jodoh itu unik, kapan saja bisa datang, tak memandang ruang dan waktu, dan itu sudah menjadi rahasia Allah. Aku juga masih sangat sibuk, karena saat ini aku akan menyelesaikan tesis ku, tiga bulan aku menargetkan agar selesai kuliah . Aku rela mondar-mandir sendirian mencari literatur , pergi ke toko buku, ke perpusatakaan, berkunjung ke rumah dosen untuk berdiskusi, apasaja ku lakukan agar target menyelesaikan kul
  • 16

    Apr

    Jodoh Itu Unik

    Tiga hari yang lalu, kami kedatangan tamu, ibu berusia 68 tahun. Ketika itu adik lelakiku yang mempersilahkan masuk, dan berbincang dengannya. Rupanya kedatangan ibu itu ingin mengundang bapak sebagai penasehat pernikahannya pada hari ini. Malam harinya adik lelakiku menyampaikan pesan ibu yang berkunjung siang tadi, ” Pak, tadi siang ada tamu, itu bu …. (ga perlu ku sebutin namanya, hehehe), kamis besok ini bu …. pengen nikah lagi, jadi bapak disuruh menjadi penasehat pernikahannya“. Bapak yang sedang menyantap makan malamnya, langsung kaget, “coba tolong ceritakan lagi, yang nikah itu anaknya atau ibu … ?”. Adik lelakiku menyahuti, “bapak ini menyimak tidak omonganku tadi? kan udah ku bilang ibu … pak yang mau nikah lagi, hehehe
  • 27

    Mar

    LAZIS MUHAMMADIYAH

    salurkan infaq anda ke LAZIS MUHAMMADIYAH untuk membantu saudara-saudara kita dalam musibah jebolnya tanggul situ gintung cireunde ciputat subuh td ke : 1. BCA Sentral Cikini : 8780040051 2. Bank Mandiri Cabang Cut Mutia : 123.000.5117.371 3. BNI Syariah Cabang Jak-Sel : 00.91539444
  • 23

    Mar

    Tak Seharusnya...

    Kebetulan hari libur, jadi tidak ada salahnya memanjakan tubuh ini, karena terkadang sering memaksakan tubuh ini bekerja bak robot, lupa bahwa tubuh ini perlu di rawat, di manja, dan di istirahatkan, akhirnya sabtu dan minggu aku putuskan untuk bermanja-ria dirumah. Malam tadi tak sengaja aku menonton televisi, kalau boleh dibilang aku termasuk orang yang jarang menonton televisi, apalagi di malam hari, aku biasa menonton paling-paling di pagi hari itu pun hanya seputar berita, yah biar ga’ gaptek-gaptek banget, hehehe… Tapi malam ini, aku memutuskan untuk melototin tuh televisi, yah acara-acara santai dan setidaknya menghibur tentunya. Azan magrib telah usai berkumandang, aku pun telah menunaikan kewajiban ku sebagai muslim, bergegaslah aku ke ruang televisi. Aku mulai memi
  • 17

    Mar

    Tertegun Aku Mendengarnya...

    Kawan-kawan, perlu diketahui… bahwa ini adalah kisah nyata yang baru saja aku alami… Sebelumnya aku minta maaf kepada bapak Hasan, kalau nama bapak aku cantumkan… Namun sungguh cerita bapak tadi benar-benar menggugah aku, banyak pelajaran yang bisa aku dapati, bukan karena bapak dosen, guru, penceramah, atau apalah… Sore tadi dikantor aku kedatangan tamu, bapak berusia 61 tahun, nama bapak itu Hasan. Aku mempersilahkan beliau masuk, dan menunggu aku sebentar. Bapak ini sudah ke lima kali nya ke kantor aku, jadi aku hafal benar nama serta keperluannya datang kekantor ku untuk apa? Pak Hasan datang ke kantor kami karena terdesak keadaan. Dari surat permohonan yang masuk 2 bulan yang lalu dijelaskan, bahwa pak Hasan terlibat hutang kepada salah satu bank, maka dia
  • 4

    Mar

    Perjalanan Q...bagian kedua...

    21 February 2009 Pukul 05.00… Alhamdulillah…akhirnya sampe juga…. Kami turun dari bis itu, terima kasih pak supir karena sudah mengantar kami dengan selamat sampai tujuan… Begitu kami turun, kami langsung disambut oleh om q, sepuluh menit kemudian kami sampai dirumah mbah putri Kami langsung melaksanakan solat subuh (ehh, telat ya? gpp kepepet..), setelah itu mbah putri menghampiri kami, apalagi melihat adik perempuan q, mbah sangat terkejut, maklumlah karena adik perempuan q sudah lama tak berkunjung dibanding yang lainnya, dan ga lama kemudian kami tidur…ahhhh cape banget di bus… Pukul 10.30… Waw!!! kok dah siang bgt ya??? saking pulesnya nih tidur, ini juga kebangun karena laper…….banget…. Cepat-cepat q ke dapur, dan a
  • 27

    Feb

    Perjalanan q (20-24 february 2009) bagian pertama

    20 February 2009 Pukul 12.10.. Aku bergegas pulang kantor lebih awal, karena hari ini q, ibu dan adik perempuan q yang cantik akan menuju sragen, tepatnya desa banaran, selain silaturahmi ke rumah mbah putri dan om q, q juga mo liat saudara-saudara q yang terkena musibah banjir, hiks..hiks Pukul 12.50 Sampai lah q dirumah, wuhhh lumayan panas q istirahat sejenak, minum seteguk air bening dingin Q mulai memeriksa kembali tas q, khawatir ada yang tertinggal, setelah itu q solat, namun q melihat ibu q belum pulang, sudah sampai mana ya ibu q? padahal jam sepuluh pagi tadi ibu sudah mewanti-wanti agar tidak telat pulang Pukul 13.30 Assalamualaikum Terdengar suara ibu q, Alhamdulillah, q tanya mengapa ibu datang terlambat? Ternyata setelah turun dari bus P 06 dan akan melanjutkan naik mikrolet
  • 27

    Feb

    Ternyata Dia Milik Orang Lain

    Sudah menjadi kebiasaan bahkan boleh dibilang rutinitas q, dan beberapa teman kantor tiap adzan dzuhur dan ashar menyempatkan waktu untuk solat berjamaah di masjid, ini juga sebagai bentuk komitmen kami pada saat rapat tahun lalu. Tapi tanpa sadar, ternyata dalam masjid itu, q melihat lelaki tampan, dan tinggi pula. Siapa kah dia? Q mengingat-ingat beberapa kali, siapa ya lelaki itu? Lama tertegun, ahhh ya ya ya, dia itu lelaki yang sempat melirik q pada saat q berbincang-bincang dengan beberapa teman didepan masjid. Kedua kali, q juga memergoki dia sedang melirik q, karena penampilan q kali itu lain dari biasanya (berdandan lebih, karena jadi penerima tamu dalam suatu acara). Keesokan harinya, q menunggu detik-detik adzan dzuhur, q berharap dia solat berjamaah lagi di masjid. Terus beula
  • 25

    Jan

    Gerhana Matahari Cincin

    Untuk seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia,,, Mari kita mengadakan solat gerhana secara berjamaah di masjid-masjid, sebagai tanda kekuasaan Allah SWT. Bahwa akan ada gerhana matahari cincin pada senin, 26 jan 2009 Gerhana mulai : 11.56 WIB Mulai Gerhana Cincin : 13.03 WIB Tengah Gerhana : 14.59 WIB Akhir Gerhana Cincin : 16.55 WIB Gerhana Berakhir : 18.01 WIB (SUMBER : KALENDER HIJRIYAH MUHAMMADIYAH 1430) Sedikit informasi : Gerhana cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piring
  • 24

    Jan

    Ayam Cabe

    Bahan : - 1 ekor ayam kampung, potong jadi 12 - 1 buah jeruk nipis, ambil airnya - Garam Bumbu Yang Dihaluskan - 7 butir bawang merah - 3 siung bawang putih - 100 gram cabai merah besar - 2 buah tomat - Garam Cara Memasak Lumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam, diamkan beberapa saat, kemudian goreng hingga matang. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam goreng, cepat aduk rata, angkat. Sebaiknya hidangkan dengan nasi uduk Met mencoba
  • 24

    Jan

    CiNtA

    * Penulis Jerman (Goethe) Cinta adalah sesuatu yang agung,,, keagungannya mencapai tingkat sepertiyang ia katakan, cinta adalah pertanda adanya kehidupan dan kebahagiaan abadi,,, *Hazeo berkata Cinta adalah arsitek dunia,,, *Thomas Mann berkata Cinta membuat jiwa (semangat) lebih kuat dan menjadikan seseorang lebih berbahagia,,, *Filosof Timur Mereka beranggapan bahwa semua gerak di alam ini muncul dari adanya semacam perasaan cinta, bahkan, bahkan hingga bintang-bintang dan tata surya diatas sana *Salah Satu Penulis Timur Terkenal Berkata Cinta itu seperti penyakit lumpuh dan kanker,,, penyakit candu yang harus di hindari adalah sisa perasaan yang lemah,,, *Carlyl Menganggap Bahwa Cinta bukan satu macam dari kegilaan,,, tapi merupakan kumpulan dari berbagai macam kegilaan,,,
  • 24

    Jan

    Pengertian (Makna) Ibadah

    Ibadah itu berarti : 1. Taat, turut, ikut, tunduk. 2. Mengesakan Allah disertakan dengan merendahkan diri dihadapan Allah SWT. 3. Ibadah selalu bertolak belakang dengan hawa nafsu. 4. Mengerjakannya dengan taat, mengimplementasikannya dengan syariat. 5. Segala ketaatan hanya untuk keridhaan Allah dan mencapai syurga. 6. Seluruh anggota tubuh yang cinta Allah dan ridho kepadanya. 7. Menurut Tarjih Muhammadiyah, ibadah berarti mendekatkan diri kepada Allah, melaksanakan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya dan beramal menurut sya’ra sehingga ada ibadah secara umum dan khusus. Umum : kegiatan yang sesuai hukum syara Khusus : kegiatan yang dilakukan sudah ada batasan-batasan atau tata caranya (misal : solat, puasa, dll) Dari Berbagai Sumber
  • 23

    Jan

    Kecantikan

    # Garam Untuk Kecantikan Mata yang lelah dapat dimandikan dengan larutan 1/4 sendok teh garam n 1/2 liter air hangat Untuk menghilangkan gembung sekitar mata, celupkan kapas dalam 1/2 liter air panas yang dibubuhi 1/4 sendok teg garam Letakkan kapas pada mata, berbaringlah n rileks,,, #Madu n Noda Jerawat Ambil sedikit madu asli, lalu panaskan hingga mendidih Diamkan sampai menjadi suam-suam kuku, oleskan pada bekas jerawat yang menganggu wajah selama kira-kira 2 jam, lakukan sebelum tidur mlm,,, #Daun Sirih Anti Jerawat Ambil 3 lembar daun sirih, ulek sampai halus, bersihkan dahulu muka dengan air hangat, setelah itu oleskan daun sirih tadi pada wajah anda sampai rata Lakukan setiap hari sebelum tidur malam n siang,,, #Mengajasi Jerawat Mengobati jerawat dengan pasta gigi,,, S
  • 23

    Jan

    Raker di Anyer,,,

    Belum ada satu tahun q kerja, tapi wihhh,,, ada kebahagiaaan, dari yang sering makan siang bareng, solat berjamaah, curhat-curhatan, cerita-cerita sampe kebablasan n ngalor-ngidul g jelas, hehehe… Yah jadi dah kayak keluarga sndri githu… Truz, yang enaknya lagi klo dah ada agenda-agenda kantor, yang keluar kota gitu, emmm… asyik bgt, beberapa teman rumah n temen kuliah, klo q ceritain sontak pada bilang “mau dong, enak banget kerja kayak lo…“ Gmana g enak, pernah dalam satu bulan kami ada 2 agenda yang sama-sama di bogor, yang minggu pertama di villa, Subhanallah villanya indah bgt (baru kali ini ketemu villa keren,,,) , disitu q banyak bgt dapetin pelajaran berharga, trus,, diminggu keduanya q ke bogor lagi, wuuhhh g kalah serunya, kami memberikan pe
  • 22

    Jan

    Upaya "Memerdekakan" Buruh Perempuan

    AKSI unjuk rasa buruh yang hampir didominasi oleh kaum hawa belakangan ini kerap mewarnai pemberitaan diberbagai media. Hal ini mau tidak mau mengindikasikan ketidakmampuan Negara dalam mewujudkan kewajiban untuk menyelesaikan masalah perburuhan, yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 27 Ayat (2) bahwa Setiap warga negara (perempuan dan laki-laki) berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Di dalam GBHN 1993 juga dijelaskan bahwa Perlindungan tenaga kerja yang mencakup jaminan hari tua, jaminan pemeliharaan kesehatan, jaminan terhadap kecelakaan, dan jaminan kematian serta syarat-syarat kerja lainnya perlu dikembangkan secara terpadu dan bertahap dengan mempertimbangkan dampak ekonomi dan moneternya, kesiapan sektor terkait, kondisi kerja, lapangan ke
  • 22

    Jan

    Sukseskan Pendidikan, Lahirkan Generasi Berprestasi

    Kita sepakat bahwa anak-anak adalah generasi penerus yang akan menentukan nasib bangsa dikemudian hari, dan pendidikan merupakan sarana strategis dalam membentuk pribadi manusia. Negara dalam hal ini mempunyai kewajiban untuk mengupayakan pendidikan sebagai salah satu prioritas utama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Pendidikan dapat diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Menurut DR. M. Agus Krisno dalam buku Pengantar Pendidik
  • 22

    Jan

    Epistemologi Gender

    Episteme berasal dari bahasa Yunani yang dapat diartikan menjadi knowledge, pengetahuan. Maka, epistemologi gender adalah ilmu yang mempelajari gender. Sebelum membahas gender, ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan seks. Seks dapat diartikan sebagai perbedaan antara laki-laki dan perempuan yang secara biologis memiliki ciri-ciri tersendiri. Secara kodrati, keduanya memiliki fungsi-fungsi organisme yang berbeda. Perbedaan inilah yang berpengaruh dan berkaitan dengan faktor sosial, geografis dan kebudayaan suatu masyarakat, sehingga melahirkan konsep gender. Dalam bahasa Inggris, kata gender yaitu pengelompokkan kata benda atau kata ganti yang menyatakan sifat laki-laki dan perempuan. Kata gender diartikan kelompok laki-laki, perempuan atau perbedaan jenis kelamin. Namun
-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive